bo slot via pulsa-🎖️perusahaan pragmatic play|XOXE88.COM

Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022bo slot via pulsa, 20:29 WIBJUNTA Myanmar menolak permintaan utusan khusus ASEAN untuk bertemu dengan sekelompok anggota parlemen yang digulingkan - yang telah dicap sebagai kelompok teroris - di tengah upaya memecahkan kebuntuan politik selama setahun sejak kudeta.

Situasinya akan semakin parah kalau tidak ada keberpihakan dari penuturnya, dan dari pemerintah daerah setempat. Padahal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengembangan dan pelindungan bahasa, sastra, dan aksara daerah adalah tanggung jawab pemerintah daerah.Paling sedikit, ada empat faktor penyebab kemunduran atau bahkan kepunahan bahasa daerabo slot via pulsah. Pertama, sikap penutur bahasa daerah terhadap bahasanya. Kedua, migrasi atau mobilitas sosial yang tinggi. Ketiga, adanya perkawinan dengan pasangan yang berbeda bahasa, dan keempat, bencana atau musibah yang menyebabkan berkurangnya penutur bahasa daerah.

bo slot via pulsa-🎖️perusahaan pragmatic play|XOXE88.COM

Dari keempat faktor itu, sikap penutur bahasa kepada bahasa daerahnya menjadi penyumbang terkuat terhadap kepunahan sebuah bahasa daerah. Ketika para penutur bahasa daerah melihat bahasa daerahnya tidak lagi fungsional, kurang bergengsi, tidak keren, atau bahkan kampungan, maka keadaan dan cara pandang seperti itu menjadi pintu gerbang pertama bagi bahasa daerah untuk memasuki keranda matinya.Bahasa daerah sesungguhnya merupakan aset. Ia merupakan salah satu kekayaan kultural bangsa Indonesia yang berbineka. Kelahiran bangsa Indonesia tidak terlepas dari keberagaman budaya yang ada di dalamnya, termasuk bahasa-bahasa setiap suku bangsa dan kelompok masyarakat tutur yang lebih kecil. Merawat dan memperlakukan aset takbenda seperti bahasa ini tentu saja berbeda dengan cara melihat aset berupa benda. Bahasa daerah merekam kearifan lokal, khazanah pengetahuan dan kebudayaan, serta kekayaan batin penuturnya. Kepunahan bahasa daerah sama artinya dengan hilangnya aset-aset takbenda yang terekam di dalam bahasa daerah tersebut.Telah banyak upaya pelestarian bahasa daerah yang dilakukan. Pemerintah pusat, melalui Badan Bahasa dan unit pelaksana tbo slot via pulsaeknisnya di 30 provinsi, banyak melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan setempat. Upaya itu bukan tidak berhasil, melainkan belum optimal. Tampaknya, kekurangoptimalan itu terjadi karena pelindungan bahasa daerah belum dilandasi pemikiran yang komprehensif/holistik dan integratif. Dikatakan tidak komprehensif, karena hanya mengambil bagian kecil dari pelindungan bahasa, yaitu mendokumentasikan aspek kebahasaan dan mementaskan sastra lokal bersama masyarakat tutur.Selain itu, program pelindungan tersebut selama ini tidak dilaksanakan secara berkelanjutan, tetapi hanya menjadi upacara selintas . Dengan demikian, masyarakat tutur tidak merasa memiliki ikatan atau kewajiban untuk terus memelihara bahasanya. Disebut tidak integratif, karena tidak melibatkan semua pemangku kepentingan, baik keluarga, penutur di lingkungan masyarakat, lembaga pemangku adat, lembaga pendidikan, maupun pemerintah setempat. Tanpa dukungan semuanya, maka tidak akan ada sinergi dan tanggung jawab bersama yang akan menjamin keberlangsungan program pelindungan bahasa daerah ini.Inisiatif untuk mengubah arah dan praktik pelindungan bahasa daerah mulai digulirkan. Pelindungan bahasa yang awalnya lebih dipahami sebagai bentuk proteksi dibuat lebih dinamis melalui konsep revitalisasi. Upaya ini dilakukan sebagai cara menghidupkan kembali hasrat dan minat penutur bahasa daerah untuk menggunakan bahasanya. Pendekatan revitalisasi ini dilakukan berbasis sekolah dan komunitas tutur dengan melibatkan para pegiat serta maestro bahasa dan sastra daerah.

Materi pembelajaran disediakan seperti layaknya menu yang dapat dipilih oleh peserta sesuai dengan selera dan kesukaan mereka masing-masing. Kreativitas peserta digembleng di bengkel-bengkel bahasa dan sastra, yang hasilnya diapresiasi dalam wujud publikasi di media-media massa atau media sosial yang tersedia. Dengan adanya apresiasi seperti ini, para penutur muda itu merasa diberi ruang untuk aktualisasi diri melalui dunia digital yang memang sudah menjadi salah satu gaya hidup mereka.Uji coba revitalisasi bahasa daerah yang dilaksanakan tahun 2021 di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan, menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Tingkat partisipasi para pemangku kepentingan di empat ranah keluarga, sekolah, masyarakat, dan dinas pendidikan sangat tinggi. Partisipasi itu, kelihatan bukan hanya pada waktu proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah dan masyarakat, melainkan juga di lingkungan keluarga. Ada semangat baru yang tumbuh di kalangan orang tua untuk mewariskan bahasa daerah kepada anak-anaknya, yang dimulai dari lingkungan keluarga.Ketiga, empat petunjuk yang tidak terbatalkan yakni; (a) komitmen pada budaya tanpa kekerasan dan hormat pada hidup, (b) komitmen pada budaya solidaritas dan tata ekonomi yang adil, (c) komitmen pada budaya toleransi dan hidup dalam kebenaran, dan (d) komitmen pada budaya kesetaraan hak dan kerja sama antara perempuan dan laki-laki. Keempat, penting dan mendesaknya perubahan kesadaran. Apa sumbangsih Etika Global bagi kehidupan beragama? Hans K ng (teolog Katolik dan etikus, 1928-2021) sebagai salah satu tokoh kunci yang melahirkan dokumen Etika Global itu menegaskan pengandaian dasar Etika Global dalam slogan yang sangat persuasif berikut, No survival without a world ethic. No world peace without peace between the religions. No peace between the religions without dialogue between the religious! (K ng, 1991:xv). Tidak ada kehidupan yang layak dan damai tanpa sebuah etika bersama. Tidak ada perdamaian dunia tanpa perdamaian di antara agama-agama. Tidak ada perdamaian di antara agama-agama tanpa dialog di antara agama-agama tersebut. Di sini, menjadi jelas, agama bertanggung jawab mewujudkan perdamaian. Bagi K ng, tugas agama-agama haruslah menciptakan perdamaian karena perdamaian (shalom, salam, eirene, pax) merupakan ciri utama ajaran setiap agama. They could blunt hostile conflicts and help to avoid or shorten wars! (K ng, 1998:148). Mereka agama-agama dapat meredakan konflik bermusuhan dan dapat membantu menghindari atau mempersingkat perang, tegas K ng. Tidak ada perang yang lebih mengerikan dari perang yang dimotivasi oleh ego-ego keagamaan.

Apa tawaran konkret K ng yang cocok bagi konteks kehidupan beragama kita di Indonesia? Jawabannya, dialog kritis. Dialog model ini menekankan pentingnya konsensus yang seharusnya dilakukan antara wakil-wakil dari pelbagai agama. Dialog yang diperlukan ialah dialog yang memberi dan menerima. Apa yang menjadi matra khas dan kiblat terdalam dari masing-masing agama mesti dipresentasikan dan diperkenalkan. Dengan ini, dialog yang ditawarkan K ng mestilah sebuah dialog yang kritis, manakala semua agama ditantang untuk tidak hanya menjustifikasi segala sesuatu, tetapi menyampaikan pesan terdalam mereka dengan baik dan tepat.Ringkasnya, dialog yang sesungguhnya dibutuhkan Indonesia ialah dialog dengan tanggung jawab saling menjelaskan dan sadar bahwa tidak ada satu pun agama memiliki kebenaran yang telah tercipta , tetapi semua menuju pada kebenaran yang lebih mulia (K ng, dalam Najiyah Martiam, ed., 2010:17).Nie wiederApakah tawaran K ng ini mungkin bagi kita? Jawabannya, ya. Saat mengunjungi Indonesia pada 2010, K ng memuji fakta pluralitas dan spirit kita. Keanekaragaman merupakan ciri dan fakta Indonesia yang harus diakui. Kendati demikian, K ng mengakui, Indonesia memiliki dan berdiri di atas spirit terkenal, bhinneka tunggal ika berbeda-beda tetapi tetap satu. K ng mengusulkan sebuah masyarakat Indonesia yang harmonis, bukan masyarakat yang seragam. Harmonis dalam keanekaragaman. Ahmad Syafi i Maarif dan Syafaatum Almirzanah menanggapi K ng dengan optimistis. Kita membutuhkan pegangan yang lebih kokoh yakni keseriusan K ng tersebut. Kalau diaplikasikan untuk semua agama, tawaran K ng tentu akan bagus sekali. Berkaca pada skor indeks KUB yang cenderung fluktuatif dan angka pelanggaran KBB yang amat labil, kita perlu mengantisipasi sejak saat ini untuk lima tahun ke depan. Untuk semua pengalaman traumatis di masa lalu, untuk setiap ego keagamaan, kita sepakat, nie wieder, tidak akan lagi, jangan terulang lagi . Kita benar-benar membutuhkan dialog yang lebih serius, dialog kritis, yang berani masuk hingga ke akar tiap agama dengan segala konsekuensinya.

Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBMINIMNYA nama perempuan yang masuk dalam bursa calon presiden menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 disebabkan berbagai kendala. Dibanding laki-laki, kandidat capres perempuan mengalami beban berlipat untuk mengakses pemilu.Demikian disampaikan Wakil Koordinator Maju Perempuan Indonesia (MPI) Titi Anggraini. Menurutnya, salah satu masalah yang dihadapi kandidat capres perempuan adalah sistem kaderisasi dan rekrutmen politik yang belum memberikan dukungan pada perempuan.

bo slot via pulsa-🎖️perusahaan pragmatic play|XOXE88.COM

Baca juga:Presiden Punya Dua Bulan untuk Tunjuk Kepala Otorita IKNIni akibat dari kebijakan afirmasi keterwakilan perempuan yang masih dianggap beban daripada sebagai upaya mewujudkan pemenuhan nilai-nilai demokrasi yang inklusif, kata Titi melalui keterangan tertulis kepada Media Indonesia, Minggu (20/2).Iklim politik di internal partai politik yang patriarikis dan elitis juga mendukung minimnya perempuan dalam menduduki posisi strategis di kepengurusan. Hal ini turut berdampak pada pengambilan keputusan penting di internal parpol, termasuk pencalonan presiden.Selain itu, penghalang kandidasi perempuan sebagai capres adalah politik biaya tinggi. Dalam konteks ini, perempuan memiliki lebih banyak keterbatasan dari sisi modal untuk bisa membiayai ongkos kompetisi pemilu yang sangat mahal.

Dan biasanya dibebankan pada kandidat ketimbang didani oleh parpol, ujar Titi.Termasuk pula problem kultural di mana pemilih juga belum sepenuhnya terbuka mempercayai perempuan untuk menjadi pemimpin politik, tandasnya. (OL-6)Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBBERDASARKAN data survei daring yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 15 Januari sampai 17 Februari 2022 sekitar 71 persen masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo.Dari 626 responden yang mengisi kuesioner sebanyak 20% menilai sangat puas, 51% cukup puas, 20,9% kurang puas, 3,9% tidak puas sama sekali, dan 4,2% tidak menjawab.

Baca juga:8,4 Juta Warga Indonesia telah Mendapatkan Vaksin BoosterDibandingkan November 2021 trennya sedikit turun (November 72%) namun cenderung stabil dari Desember 2021 sampai Februari 2022 yakni 71%, kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers daring, Minggu (20/2).

bo slot via pulsa-🎖️perusahaan pragmatic play|XOXE88.COM

Pada Desember 2021 sebelumnya survei juga dilakukan secara tatap muka dan hasilnya 71,4% menilai puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sementara responden survei daring baru ini sekitar 70,9%. Penilaian kinerja Jokowi berdasarkan gender perempuan 75% menilai cukup/sangat puas, sedangkan laki-laki hanya 66.9%.Sementara berdasarkan sisi suku rata-rata suku juga mengakui kepuasan kinerja presiden dengan presentase di atas 60 persen dan tertinggi suku Madura 92,2%. Sementara suku Sunda terendah hanya 49,7% dan Betawi 50,2%.

Berdasarkan agama, responden berdasarkan protestan/kaolik tingkat kepuasannya jauh lebih tinggi yakni 92,5% dan yang beragama islam 68,2%, ujarnya.Kemudian dari domisili responden di kota kepuasan terhadap pemerintahan presiden sebanyak 72,3% dan pedesaan 69,6%. Dari sisi pendidikan semua kategori cukup puas namun tingkat kepuasan dari warga pendidikan kuliahan tingkat kepuasannya lebih rendah, pungkasnya. (OL-6)Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBMedia Grup menggelar vaksinasi booster covid-19 untuk karyawan, keluarga karyawan, dan warga sekitar kompleks Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat. Kegiatan vaksinasi digelar pada hari ini Minggu (20/2) hingga Selasa (22/2).Vice President News and Media, Media Group Network Don Bosco Selamun mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kecamatan dan Puskesmas Kebon Jeruk untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi booster tersebut. Ia mengatakan pihaknya bersama pihak kecamatan dan puskesmas menyediakan 800 dosis vaksin per harinya.Semua itu 2.400 dosis itu diperkirakan ada 800 dosis per hari. Kalau nanti peminatnya banyak mungkin kita akan minta ditambah. Kita kerja sama dengan camat dan puskesmas untuk menyelenggarakan ini, kata Don Bosco, di kompleks Media Grup, Jakarta Barat, Minggu (20/2).Don Bosco mengatakan pihaknya menggelar vaksinasi booster sebagai bentuk perhatian terhadap kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan vaksinasi booster ini sebagai bentuk kontribusi dalam mempercepat vaksinasi di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Barat.

Perhatian kita untuk kesehatan karyawan, keluarganya, dan masyarakat di sekitar sini. ini bentuk dukungan kita. kan kita tahu jakarta dan beberapa daerah zona merah. kita berusaha menjadi bagian yang penting untuk membantu percepatan vaksinasi, katanya.Don Bosco berharap karyawan dan masyarakat sekitar dapat mendatangi sentra vaksinasi yang telah disediakan, sehingga semuanya telah mendapatkan vaksinasi dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dalam menghadapi pandemi covid-19. Bagi masyarakat sekitar yang ingin melakukan vaksinasi dapat mendaftar melalui daring. Ia mengatakan warga bisa mengisi data dan memilih kapan akan datang untuk melakukan vaksinasi.

Sementara itu, Camat Kebon Jeruk Saumun mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Media Grup dalam percepatan vaksinasi. Ia berharap kegiatan vaksinasi booster ini dapat diikuti oleh karyawan, keluarga karyawan, dan masyarakat sekitar Kedoya. Sehingga, kata ia, dapat membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan pandemi segera usai.Ini bagian dari pada kolaborasi ikhtiar kita. Mudah-mudahan dalam kegiatan ini pembentukan daya tahan tubuh, warga masyarakat yang sudah divaksin booster lebih kuat. Lemudian kita berharap covid-19 segera berlalu dan kembali kepada kehidupan yang biasanya, katanya.

Di lain sisi, salah satu warga, Mira, 28, mengaku terbantu dengan adanya sentra vaksinasi tersebut. Mira mengaku selama ini ia tidak bisa mengikuti vaksinasi, karena vaksinasi biasanya dilakukan pada hari kerja.Untungnya vaksinasi di sini ada di hari libur, jadi kita bisa sempat dan kebetulan jaraknya tidak jauh dari rumah saya, jadi sentra vaksin ini membantu untuk yang belum sempat vaksin booster, katanya.

Mira berharap dengan telah divaksinasi booster membuat dirinya bisa menghadapi gelombang ketiga pandemi covid-19 yang saat ini melanda Indonesia.Sekarang kan gelombang ketiga pandemi. Jadi adanya vaksin ini proteksi diri kita lebih baik, katanya. (OL-12)Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBWABAH penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD) di Tangerang Selatan (Tangsel) merebak selama dua bulan ini. Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengimbau warga dansemuapihakuntukwaspada.Angka DBD di wilayahkita tertinggi mencapai 271 kasus, kata Benyamin kepada wartawan di Balai Kota Tangsel, Jalan Raya Maruga Nomor 1, Serua, Kecamatan Ciputat, Minggu (20/2).

Baca juga:Pemerintah Minta Percepatan Vaksinasi Kedua dan Ketiga Terus DiperkuatKepada seluruh camat ia menginstruksikanmengajak warganya aktif secara swadaya menjadi juru pemantau jentik.

Ia menegaskan, kesadaran masyarakat menjaga pola perilaku hidup bersih dan sehat amat penting.KasusDBD yang makin merebak ini saya minta jentik nyamuknya sekalian diperiksa. Warganya para Camatdiajak minimal satu rumah ada satu orang untuk memantau jentik nyamuk, tegasnya

Ia mengingatkan bahwa jentik nyamukberada di bawah kulkas tempat penampungan air atau dispenser, tempat minuman burung. Sementarafogging hanya di area luar tidak masuk ke dalam rumah. (OL-6)Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBPROTOKOL kesehatan yang mulai diabaikan oleh masyarakat Kota Palembangmenjadi salah satu faktor kasus Covid-19 kian meningkat pesat di wilayahtersebut. Padahal pemerintah terus menggencarkan edukasi dan sosialisasiterkait prokes agar masyarakat terlindungi dari paparan Covid-19 saat ini.

Apalagi dengan berkembang pesatnya sebaran Omicron, membuat masyarakat seharusnya lebih sadar untuk menerapkan prokes dalam kesehariannya. Kita tidak pernah berhenti untuk mensosialisasikan ke masyarakat bahwaCovid-19 belum selesai, dan sekarang ada kasus Omicron yang paparannya lebih cepat menular. Ini yang kita antisipasi, jangan sampai terusberkembang dan menyebar pesat, jelas Plt Kepala Bidang Pencegahan danPengendalian Penyakit Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, Minggu (20/2/2022).Ia mengatakan, saat ini Kota Palembang masuk dalam zona oranye dari semula zona kuning. Perubahan peta zona ini seiring dengan meningkatnya kasusCovid-19 di Kota Palembang.Di mana, tercatat pada Sabtu (19/2) kasus konfirmasi baru Covid-19 mencapai725 orang dan kasus meninggal bertambah dua orang. Sedangkan, kasus sembuh juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 182 kasus.Sekarang ini kasus aktif di Kota Palembang mencapai 6.435 kasus. Cukuptinggi, karenanya peranan masyarakat sangat besar untuk bisa menekan angka ini terus meningkat, jelasnya.

Saat ini, dari 17 kecamatan di Kota Palembang, terdapat satu kecamatan dengan zona oranye yakni Kecamatan Ilir Timur I, dengan catatan kasus aktif sebanyak 454 orang, meninggal 4 orang dan terkonfirmasi positif sebanyak 474 orang.Yudhi pun mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokolkesehatan. Sehingga, dapat menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di KotaPalembang. Masyarakat juga harus segera vaksinasi bagi yang belum melaksanakannya, pungkasnya. (DW/OL-10)

Sebuah planet yang tenang dengan hembusan angin sesekali di mana dua kecepatan suara yang berbeda akan... Jumat 01 April 2022, 20:29 WIBFEDERASI Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak rencana pembahasan revisi UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang dinilai akan menghapus peran organisasi profesi guru. Dalam RUU tersebut, penetapan dan penegakan kode etik guru akan dikembalikan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek).Perubahan tersebut sangat berbahaya bagi kelangsungan, perkembangan, dan kemandirian organisasi profesi guru. Guru dikendalikan oleh pemerintah pusat. Wibawa, kemandirian dan kebebasan dalam pembinaan, dan pengembangan guru ke depannya akan mengalami hambatan, ujar Sekretaris Jenderal FSGI, Heru Purnomo dalam keterangannya, Minggu (20/2).

Dijelaskannya, Kemendikbud-Ristek memiliki prakarsa mengubah UU 20/2003 tentang Sisdiknas dan UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Kedua UU ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2022. Kedua UU tersebut ditambah UU Pendidikan Tinggi akan dilebur dalam UU tentang Ciptakerja atau Omnibus Law.Catatan FSGI, dari draft RUU pada Pasal 126 berbunyi bahwa Penetapan kode etik guru oleh Mendikbud-Ristek RI berdasarkan masukan dari organisasi profesi guru . Pasal ini merupakan perubahan dari pasal 42 UU Guru dan Dosen yang salah satu kewenangan organisasi profesi guru adalah menetapkan dan menegakan kode etik bagi anggota.

Iklan Bawah Artikel